Sunday, March 27, 2011

Pengertian Manufaktur, Industri, dan Produksi


Berikut ini adalah beberapa pengertian dasar yang perlu diketahui dalam bidang industri:

a. Manufaktur (manufacture)

Istilah manufaktur pertama kali digunakan tahun 1622. Kata ‘manufaktur berasal dari kata latin ‘manufactum’ yang berarti made by hand. Menurut CIRP /International Conference on Production Engineering (1983) definisi manufacturing adalah:

A Series of interrelated activities and operations involving the design, materials selection, planning, manufacturing production, quality assurance, management and marketing of products of the manufacturing industries.

Sedangkan sebuah Sistem Manufaktur adalah sistem yang melakukan proses transformasi/konversi keinginan (needs) konsumen menjadi produk jadi yang berkualitas tinggi. Keinginan konsumen diketahui dari studi pasar, yang kemudian keinginan ini diterjemahkan menjadi desain produk, dan kemudian menjadi desain proses. Sebuah sistem manufaktur yang baik harus mempunyai komitmen terhadap kualitas produk harus dimiliki oleh setiap level dalam perusahaan pada setiap tahap proses produksi, sehingga dalam proses transformasi ini terjadi pertambahan nilai

b. Industri

Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

c. Produksi (production)

Istilah pertama kali digunakan pada tahun 1483. Istilah produksi berasal dari kata latin producere yang berarti lead forward, yaitu membuat sesuatu yang baru (tangible/intangible). Sebuah Sistem produksi adalah sistem yang melakukan proses transformasi atau konversi bahan mentah menjadi produk jadi dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan desain produk yang telah ditetapkan. Dalam proses transformasi ini terjadi pertambahan nilai sehingga produk jadi mempunyai nilai yang lebih tinggi dari pada nilai bahan mentah.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengertian manufaktur lebih sempit dari pada pengertian produksi

No comments:

Post a Comment